Friday, May 3, 2013

Aturan Awal Ngekost

Jadi mahasiswa yang perantauan tuh bisa di bilang ribet-ribet susah tapi gampang. Ini baru aja jadi perantauan di sama-sama negara Indonesia masih satu pulau, gimana kalo jadi perantauan di luar negara, beda benua itu pasti ribet abis mungkin. Banyak mahasiswa yang berpredikat anak mami, ribetnya setengah mati kalo mau hidup mandiri yang bener-bener mandiri. Aku share nih beberepa aturan yang wajib dipatuhi kalo kamu mau ngekost.

1. Aturan pertama nih, siapin mental yang bener-bener kalo mau ngekost atau tinggal sendiran jauh dari ortu, daripada nantinya Home Sick yang menyerang dan abis itu jadi galau yang ujungnya jadi jatuh sakit. 

2. Aturan kedua, nggak boleh yang namanya takut, takut tangan kasar kalo ngerjain kerjaan ibu-ibu alias rumah tangga, takut tidur sendiri, takut hantu dan segala macam takut karena kalo takut di kost sama di rumah bedanya seratus delapan puluh derajat, takut di rumah pasti ditolongin orang rumah tapi kalo takut di kost siapa yang mau nolongin, temen? jangan pernah deh ngarep lebih karena mereka sama amatirnya kaya kita. 

3. Aturan ketiga, NGIRIT, kalo dua aturan di atas udah bisa diatasi aturan ketiga nih yang rada susah, aturan ketiga ini buat shopaholic sama anak  yang punya riwayat gastritis susah buat ngelakuin. Shopaholic termasuk dalam gawat darurat kalo soal ngirit. Kalo di rumah kita bisa nggak perlu mikir buat beli makan di luar buat beli segala masalah kebutuhan belanja karena semua itu udah di atur sama mama/ibu/umi/bunda si empu rumah tangga tapi kalo udah hidup sendiri dan kita cuman dapet pemasukan yang mepet, duit buat beli baju bisa buat makan selama seminggu guys. Anak yang shopaholic bisa aja sih sembuh waktu tanggal tua tapi kalo tanggal muda sifat alamiahnya bakal keluar waktu ngeliat duit warna biru sama merah, alhasil kalo tanggal tua cuman bisa puasa. Tapi kadang anak yang punya hobi belanja yang menggila punya banyak kreatifitas buat dapetin duit buat, beli apa yang mereka mau atau mereka bisa di bilang jadi pengusaha kecil-kecilan yang justru jadi jalan buat jadi orang kaya yang dermawan (aminnnnn). Beda sama anak shopaholic, anak yang punya  riwayat gastritis lebih susah lagi. Gastritis atau yang lebih awam di kenal sebagai penyakit mag adalah penyakit yang gak mungkin sembuh dan selalu menghabiskan uang untuk beli makanan. Penyakit ini susah sembuh tapi gampang dateng contohnya aja nih kalo kamu telat makan pasti langsung deh perih tuh perut atau kalo kamu lagi stres gara-gara mikirin tugas kampus yang nggak kira-kira pasti udah tuh nggak ada ampun deh. Duit yang udah dikumpulin sengirit-ngiritnya pada akhirnya keluar juga kalo perut udah teriak-teriak. Pokoknya jangan lupa camilan yang mengenyangkan selalu di kamar tuh kalo mau duit yang udah di irit-irit buat permen camilan yang namanya obat.

4. Aturan keempat, berdo'a sama Tuhan Yang Maha Kuasa, satu ini udah pasti ampuh deh. Nggak boleh di tinggalin, minimal berdo'a itu tuh penting banget buat keselamatan. Aku udah ngerasain berkali-kali "ditampar" gara-gara lupa sama Allah S.W.T tercinta. "Ditampar" sakit nggak sembuh-sembuh yang ujung-ujungnya aku sembuh gara-gara inget sama Allah S.W.T. Kadang sebagai mahasiswa perantauan yang dibilang udah bisa bebas tanpa syarat aturan keempat sangat amat dibutuhkan, soalnya kalo lupa bisa-bisa pulang-pulang udah nyodorin aja test pack yang garisnya dua, ngeri kan, katanya mahasiswa tapi malah menyalahgunakan apa yang dipercayakan sama kita, amit-amit deh.

Buat sesi ini udahan yeeeee,,,,ntar di sambung lagi
see ya

(Remember Allah make your life easier than ever and Allah will protect you :) )

No comments:

Post a Comment