Wednesday, May 8, 2013

Tipe Penghancur

Sedih banget kalo punya temen kostan cewek yang nggak sepaham sama kita. Akhirnya kamu cuman bisa diem dan ngomel-ngomel di belakang mereka. Dan itu yang terjadi sama aku, selama 5 tahun ngerasain hidup di kost-kostan pasti ada aja yang bikin kita kesel dan dongkol, sebel banget sih tapi dia temen kita sehidup sepenanggungan, tinggal satu atap dan harus bertahan sampe yang namanya sekolah atau kuliah itu kelar. Nyampe sekarang aku juga bingung mesti gimana kalo harus ngadepin tuh yang namanya temen nggak sepaham. Masalahnya sih kadang sepele, temen yang nggak mau ikut beres-beres kost, padahal dia udah komitmen di kost buat ngejalanin peraturan, temen yang nggak mau matuhin peraturan kost yang udah di buat sedemikian rupa sama yang punya kost, alasannya itu klasik abis "peraturan di buat buat di langgar". Biar sepele tapi nyusahin kan, cuman gara-gara satu orang kostan jadi kotor, cuman gara-gara satu orang, kostan jadi punya image jelek, parah asli !!!

Namanya anak kostan, tinggal satu atap beda bapak sama beda ibu pasti aja problemnya antar penghuni, apalagi udah beda profesi itu lebih susah lagi. Kadang moto "Hidup Itu Susah" emang sangat berlaku buat hubungan antar penghuni kost. Contohnya adalah berhubungan sama anak yang manja, anak yang joroknya minta ampun dan punya omong gede doang. 

Anak manja itu biasanya dari kalangan anak dari orangtua yang serba punya, bagi mereka yang punya kebiasaan bersantai ria dan nggak pernah mikirin kerasnya hidup, ngekost adalah hal sangat amat ribet karena semua harus apa-apa dilakuin sendiri dan segala sesuatunya harus di pikir sendiri. Tapi kadang anak manja punya kelebihan, mereka pinter banget buat jadi cewek manis yang seragam mukanya (cewek yang ngikut trend sana sini) dan gampang banget buat gaet cowok ganteng yang super tajir. Ngadepin anak manja kaya gini perlu kesabaran ekstra dan jangan kebanyakan ngomong, soalnya salah-salah si anak mami malah jadi musuh kita, jangan sampe deh.

Beda anak manja, beda anak yang joroknya super duper abis. Tipe cewek kayak gini biasanya orangnya santai yang ketulungan santai. Susahnya hidup sama anak yang jorok, mau diomelin kaya apa kalo nggak ada kesadaran dari si empu hati nggak bakal deh berubah tuh kebiasaan. Dari pengalaman nih, sebel abis ngadepin orang-orang tipe-tipe kaya gini, seringnya ketika kita udah beresin kostan nih nyampe muter-muter keliling-keliling eh dengan pedenya si doi naruh sampah di tempat yang udah kita bersihin dengan kekuatan super yang menguras keringet walaupun beres-beres itung-itung olahraga sih tapi kalo diperlakuin gitu kan sebel juga. Ngadepin orang tipe ini hampir sama kayak tipe anak manja, sama-sama butuh kesabaran ekstra, pendekatan yang beda, dan yang paling pasti berdo'a deh biar do'i bisa ngrubah kebiasaannya.

Satu lagi tipe yang bisa bikin panas hati, tipe cewek yang omdo alias omong doang. Tipe cewek kayak gini biasanya supel, punya banyak temen tapi nggak sedikit juga temen yang cuekin tipe satu ini. Banyak orang yang nggak suka sama tipe omdo, kenapa? karena cewek ini suka banget "Talk much Do nothing" bikin orang males percaya sama cewek kaya gini. Kalo di telusuri, orang tipe ini mudah banget buat mempengaruhi orang, kalo kerja jadi marketing lumayan banget sukses tuh. Buat ngadepin orang tipe ini gampang, cukup dengarkan omongannya dan kalo udah selesai ngomong biarkan angin menghapus memori kita tadi, kelihatannya gampang sih tapi butuh waktu buat ngasah keterampilan itu ya.

Setiap orang nggak sempurna teman, saya sebagai penulis pun juga gitu. 3 tipe tadi ada di diri aku, tapi semua itu bisa hilang kok, walaupun prosesnya cukup panjang, dan pasti akan muncul kadang-kadang. Dengan latihan dan introspeksi diri tentunya kita bisa menghilangkan secara pelan-pelan sifat-sifat di atas. Setiap hari harus dan selalu buat introspeksi diri ya, biar sifat-sifat jelek nggak bersarang terus-tersusan di dalam diri kita. Sifat manusia pasti bakal berubah, sesuai dengan lingkungan yang kita hadapi dan juga masalah yang kita temui. Tapi berubahnya harus ke arah yang lebih baik ya teman, bukan malah yang merusak diri sendiri. Dan intinya, setiap orang punya sifat yang beda-beda satu sama lain, kuncinya buat bisa ngadepin orang-orang yang beda adalah kita harus pinter-pinter buat nyari cara deketin orang-orang itu, karena karakter orang beda-beda cara deketinnya juga beda-beda teman, jangan pernah putus asa ya buat cari cara biar hubungan antar penghuni kost harmonis dan nggak ada bisik-bisik tetangga. 


No comments:

Post a Comment