Monday, July 29, 2013

Rumah ku Istana ku

Saat pulang kampung liburan kuliah itu adalah saat paling menyenangkan bagi aku. Dari beberapa bulan lamanya nih ngerjain yang namanya tugas, apalagi aku adalah mahasiswi jurusan pertelevisian yang butuh waktu lebih banyak buat ngerkain tugas di banding temen-temenku yang kuliah normal. Berminggu-minggu juga bergulat dengan kemandirian alias jauh dari orangtua dan hanya ditemenin sama temen-temen kost yang seperjuangan. Anak kost mana sih yang gak bahagia kalau back home and back to mama papa, bahagianya tuh setengah mati. Kalau dulu waktu kita masih hidup di satu atap rumah, rasanya rumah tuh biasa aja, nggak ada bedanya dari hari ke hari, tapi beda cerita kalau udah jadi mahasiswa perantauan. 

HOME SWEET HOME

                  Kata-kata di atas cukup gambarin gimana rumah itu jadi surga banget deh dengan yah problemnya. Aku bukan dari keluarga kaya yang punya rumah gedong bertembok batu bata atau beton tapi aku tinggal di keluarga yang dibilang sederhana. Hidup di sebuah desa kecil perbatasan antara Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap dan dengan rumah yang sangat sederhana, kami menghabiskan waktu setiap hari. Rumah yang ditempati sama keluargaku itu dulunya adalah rumah eyang yang udah nggak ditempatin. Dinding rumahku itu sebagian besar di bangun dari anyaman bambu, kayu-kayu, dan triplek. Di zaman serba teknologi kaya gini kalau ngeliat rumah yang aku tempatin kayaknya cukup bisa di bilang nyeleneh walaupun itu masih di desa terpencil. Dulu, sekitar 3 tahun lalu waktu aku masih hidup satu atap sama mama, ngeliat rumah tetangga samping rumah tuh bikin iri, aku selalu mikir kalau kenapa mamaku yang berprofesi sebagai seorang guru nggak bisa punya rumah kayak tetangga-tetanggaku, tapi mama cuma bilang " Ada waktunya, Mama bisa buat rumah kayak gitu, tapi kamu nggak sekolah. mau?" pertanyaan tentang penawaran sekolah cukup membuat aku sadar kalau uang yang mama punya buat sekolah aku dan adik-adikku. Itu cerita 3 tahun yang lalu, cerita yang udah berbeda ketika aku udah 3 tahun cabut dari rumah alias jadi perantau buat ngedapetin ilmu di Solo.

                         Ngerasain deg-degan waktu pertama naik kereta buat pulang kampung itu selalu aku rasain. Buat orang super duper lebay kayak aku, deg-degan itu wajar banget soalnya bagi aku rasanya ketemu keluarga setelah merantau tuh hampir sama kayak waktu kita ketemu cowok yang super ganteng. Sambutan hangat dari mama di rumah tuh bener-bener ngangenin, secapek apapun mama kalau tahu anaknya pulang ke rumah pasti mama bakal tetep bela-belain nyambut walaupun itu sederhana. Pagi hari waktu aku buka mata, udara dingin bener-bener masuk (maklum desaku masih dilingkupi sama pegunungan jadi masih asri) jadi mending tarik selimut dan get a sleep again haha. Ketika bener-bener udah bangun, semua orang di rumah pergi jadi tinggal aku sama asisten rumah tangganya mama yang udah kayak saudara sendiri namanya Mbak Mut. Mbak Mut udah kerja di rumah selama hampir 10 tahun mungkin karena dari awal aku SMP sampai sekarang masih setia nemenin aku dan keluargaku. 

                         Kalau di kost itu bangun tidur abis itu mandi dan setelah itu makan yang wajib dan kudu nyari sendiri, tapi kalau di rumah bangun tidur terus mandi terus makan gak perlu mikir kamu mau nyari makan apa atau menu di warung itu apa ya? Benar-benar surga deh walaupun cuman lauk tempe dan tahu, tapi kalau buatan mama itu pasti bakal enak deh. Kalau bisa di pikir-pikir lagi, bersyukur banget aku di kasih kesempatan sama Allah buat sekolah di luar tempat tinggal asliku karena dengan gitu aku bisa ngerasain gimana nyamannya rumah aku walaupun rumah itu nggak sebagus punya orang-orang kaya. Hal yang paling asik waktu pulang ke rumah itu adalah nemuin beberapa hal baru yang waktu kita pulang nggak ada di dalam rumah, jadi mirip kaya kejutan. Nginget-nginget masa-masa di rumah, main sama temen-temen rumah, jalan-jalan nostalgia atau ngunjungin tempat-tempat yang biasanya kita kunjungin waktu sering di rumah bikin keasyikan sendiri juga buat aku yang lagi pulang kampung. 

                         Kelamaan di kampung orang bikin aku sadar banget kalau kumpul keluarga di rumah itu adalah surganya dunia, dimana pasti ada keceriaan, nostalgia, kebersamaan. Jadi sejelek apapun rumah aku, aku tahu yang buat rumah bagus atau nggak itu adalah bagaiman aku atau anggota keluargaku membuat rumah itu tetap nyaman.

No comments:

Post a Comment